Senin, 08 Juni 2009

Pemerintah Inggris Perketat Informasi Pribadi Ponsel & Internet

Pemerintah Inggris tengah menggodok proposal peraturan yang cukup kontroversial. Mereka berencana untuk meminta database informasi pada internet dan ponsel pribadi di setiap penggunanya.

Tak pelak ini mengundang kritik dari berbagai pihak, pasalnya pemerintah dianggap terlalu jauh dalam memasuki ruang publik masyarakat, padahal itu cukup mengganggu. Apalagi selama ini Inggris tidak terlalu protektif dalam mengawasi informasi yang sifatnya pribadi itu. Demikian yang dilansir Reuters, Selasa (28/4/2009).

Hal ini langsung dibantah oleh Juru Bicara Pemerintah Jacqui Smith, dia berdalih kalau ini sengaja dilakukan untuk menangkal serangan teroris dan kejahatan lainnya. Jacqui juga menambakan, kalau peraturan ini akan memakan dana hingga 2 miliar poundsterling.

“Kami hanya mengambil data itu hanya sampai ’siapa, kapan, dimana, dan bagaiman’. Jadi salah kalau pemerintah melihat hingga ke isi konten,” terang Jacqui.

“Proteksi ini untuk mencegah kejahatan seperti, pedofil, dan pembunuhan yang akhir-akhir ini semakin marak terjadi,” tandasnya.

Kebijakan ini sendiri, masih terus dipertimbangkan oleh anggota legislatif di negeri Ratu Elizabeth tersebut. Mereka tentu tidak ingin, kebijakan ini menjadi polemik yang berkepanjangan di tengah masyarakat.

0 komentar: